Pada dunia logistik maupun manajemen rantai pasok, bagian checker gudang memegang peranan krusial. Keberadaannya sangat memengaruhi kelancaran serta efisiensi dalam proses pengadaan dan pendistribusian produk. Lantas, apa itu checker gudang?
Definisi Checker Gudang
Secara sederhana, checker gudang adalah salah satu bagian yang punya tanggung jawab atas segala kegiatan operasional dalam gudang. Intinya, segala sesuatu yang terjadi pada aspek tersebut berada di bawah pengawasan checker.
Apabila terjadi kerusakan, kehilangan, atau bahkan ketidakseimbangan antara stok gudang dan kantor, maka bagian inilah yang bertanggung jawab. Di dalam keseharian, bagian ini juga lebih dikenal dengan sebutan admin gudang.
Tugas Checker Gudang
Umumnya, admin berkaitan dengan aktivitas catat-mencatat. Namun checker gudang tidaklah sesederhana itu, karena keberadaannya mempunyai tugas yang sangat vital, yaitu:
1. Pemeriksaan Barang
Adapun tugas utama seorang checker ialah memeriksa atau mengecek produk yang masuk ataupun keluar. Pengecekan ini tak sebatas menghitung jumlahnya saja, tetapi juga pengecekan akan kualitas barang.
2. Pelaporan
Setelah proses pengecekan selesai, checker bertugas untuk menyusun laporan ke bagian admin yang menangani inventaris di kantor. Laporan tersebut mencakup segala informasi, baik jumlah masuk, out, perbedaan stok (bila ada), sampai produk yang rusak maupun retur.
3. Koordinasi dengan Bagian Lain
Checker gudang tak bekerja sendirian, melainkan bekerja sama dengan tim lain, seperti bagian penjualan, pembelian, hingga logistik. Untuk itu, kemampuan berkomunikasi dan koordinasi menjadi poin utama dalam pemilihan checker.
Tanggung Jawab Checker Gudang
Berdasarkan penjabaran serangkaian tugas di atas, maka bisa disimpulkan, bahwa tanggung jawab dari seorang checcker gudang adalah
- Menerapkan manajemen inventaris, sehingga sistem pencatatan bisa rapi
- Menjaga kualitas produk yang terdapat di gudang sesuai dengan ketentuan pihak perusahaan
- Memastikan jumlah stok gudang dalam status aman, sehingga kegiatan operasional berjalan lancar
- Ikut melakukan stock opname, baik untuk periode bulanan maupun tahunan
- Mendokumentasikan semua dokumen terkait mobilitas barang, baik surat jalan atau faktur masuk maupun keluar
- Menangani apabila terjadi perbedaan stok antara fisik di gudang dengan catatan admin
Demi memastikan Cek gudang menjalankan jobdesk secara efektif, maka JTE benar-benar menyeleksi kandidatnya secara cermat. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir selisih stok antara pesanan Anda dengan produk yang datang atau sebaliknya.
Tentu saja ini akan jadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan Anda, sehingga tak ada lagi pertanyaan mengenai apa itu checker gudang. Tunggu apa lagi?
Hubungi tim kami melalui WhatsApp untuk memastikan ketersediaan gudang, armada, serta promo menarik lainnya. JTE tersebar di seluruh Indonesia untuk bantu meningkatkan roda perekonomian negara.